Cara Penularan HIV

Indonesia termasuk negara dengan penyebaran virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) tercepat di Asia. Menurut UNAIDS, 76,3% kasus baru AIDS di indonesia ditularkan melalui hubungan heteroseksual. Yang dimaksud adalah hubungan seks luar nikah.

Komisi penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) menyebutkan, lebih 12 juta pria indonesia bertransaksi seks/tahun di lokalisasi. Dan Sexual Wellbeing Global Survey oleh Durex terhadap 1.015 partisipan pria dan wanita usia >18 tahun,7dari 10 orang enggan memakai kondom saat pertama kali berhubungan seks.

Inilah yang membuat kasus HIV/AIDS “meledak”. “Kondom efektif mencegah panularan HIV sampai 80%, jika di pakai terus menerus,  “Kondom dapat mencegah sampai 100% pada infeksi HIV dan penyakit menular seksual lain.” Selain, tentunya, bahwa kondom efektif menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Cara Penularan HIV
HIV ditularkan melalui hubungan seksual, air mani, sekresi vagina, darah, ASI (air susu ibu) dan suntikan atau alat terkontaminasi lainnya yang melukai.

Untuk dapat berkembang biak dalam tubuh manusia, virus HIV menyerang sel-sel kekebalan tubuh di lapisan kulit dalam organ seksual dan mulut. Virus ini hanya bisa berkembang setelah menemukan inangnya, yakni sel yang memiliki protein reseptor CD4,CCR5, dan CXCR4.

Ini adalah sel-sel kekebalan tubuh yang berfungsi menyerang penyakit. Saat HIV menulari manusia, sel CD4 akan bereplikasi untuk melawan infeksi, namun sel tersebut jiga membuat tiruan HIV. Akibatnya, kekebalan tubuh menurun. Terlihat dengan menurunnya jumlah CD4 (normal 500-1500 per mm3). Ada jutaan jenis sel CD4, beberapa jenis ikut terberantas total. Akibatnya,kemampuan melawan kuman menurun bahkan hilang, muncul infeksi lain seperti jamur candida,tuberculosis, herpes atau pneumonia. Pada orang normal, infeksi jamur atau virus adalah hal biasa dan bisa disembuhkan. Pada penderita AIDS yang sistem imun tubuhnya lemah, hal ini bisa mematikan.

Peranan Kondom
Agama manapun tegas menyatakan bahwa hubungan seks di luar nikah adalah dosa. Kalau karena satu dan lain hal “terpaksa” harus ke lokalisasi WTS (wanita tuna susila), dan agar dosa tidak berlipat-lipat (menulari pacar, istri, anak dan orang lain yang tidak berdosa),

saran yang layak didengar : pakai kondom.
Gunakan secara benar dengan membaca petunjuk yang biasanya tetera dalam kemasan. Simpan kondom di tempat aman, jangan terkena sinar matahari yang bisa membuat kondom retak. Perhatikan tanggal kadaluarsa dan gunakan kondom yang sesuai dengan ukuran, tidak terlalu besar atau kecil, karena bisa mengurangi efektifitas perlindungannya.


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Pengobatan Hiv / Aids, Buah Merah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita HIV/AIDS, KLLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Gejala Hiv and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>