Gejala HIV Positif

Seperti dijelaskan dalam dunia kedokteran, AIDS adalah fase akhir dari infeksi virus yang dikenal dengan HIV tersebut. Jadi, harus dibedakan antara HIV dan AIDS. Orang yang terinfeksi HIV belum tentu sudah terkena AIDs, karena antara infeksi HIV dan AIDS terdapat proses yang panjang dan bervariaasi dari individu ke individu yang lain.

HIV adalah virus yang merusak sel-sel immune dalam darah yang juga dibseut dengan istilah sel limfosit T helper atau sel limfosit CD4. Sel ini berfungsi sebagai sistem daya tahan dan kekebalan dalam tubuh seseorang. Jika HIV ini sudah masuk, ia akan menyatu dengan sel limfosit dan berkembang biak, sehingga dari satu limfosit akan melahirkan ribuan HIV turunan.

Manusia dengan sistem kekebalan tubuh yang sudah terinfeksi HIV ini otomatis daya tahan tubuhnya akan berkurangnya. Sel-selnya akan menurun secara bertahap baik secara fungsi (kualitas) maupun jumlah (kuantitas) sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh manusia normal.

Pada akhirnya, tidak hanya kekebalan imunitas yang terganggu, tetapi juga kekebalan humoral. JIka sudah demikian, akan mudah sekali terjadi infeksi oportunistik yang muncul, berupa berbagai gejala penyakit dan kanker dalam tubuh. Ironisnya, HIV juga bisa merusalk sistem sel otak.

Pada saat berbagai penyakit sudah menggejala, fase ini akan disebut AIDS (Acqired Immuno Deficiensy Syndrome). Istilah ini berarti sebuah tahap atau fase akhir dari penyakit-penyakit kronis yang disebabkan oleh masuknya virus HIV.

Kebanyakan orang yang terinfeksi HIV tidak akan menunjukkan gejala apa pun selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. masa sebelum adanya gejala apa-apa dari infeksi ini disebut dengan istilah silence period atau masa tegang. Masa ini pun bervariasi dari orang per orang mulai dari 4 bulan-10 tahun, tetapi waktu normal yang biasanya adalah 5 tahun.

Untuk menilai apakah seseoang telah terkena HIV maka diadakan uji antibodi HIV. Hasil positif berarti bahwa yang bersangkutan (penderita) telah teinfeksi HIV dan berpotnesi menularkan virus itu kepada orang lain. hasil negatif biasanya berarti bebas dari infeksi. Namn harus diiingat, bahwa sampai mempunyai antibodi dierlukan waktu (sampai beberapa bulan). jadi jika seseorang diperiksa terhadap antibodi segera setelah terinfeksi, hasilnya negatif. Sebaiknya diulangi 3-6 bulan kemudian.


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Pengobatan Hiv / Aids, Buah Merah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita HIV/AIDS, KLLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Gejala Hiv and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *